burung twitter hitam

Sabtu, 01 Desember 2012

Timnas gagal masuk semi final ajang Piala AFF Suzuku 2012


Malaysia 2-0 Indonesia

Timnas Indonesia tersingkir dari ajang Piala AFF Suzuki 2012 setelah ditaklukkan Malaysia.

Malaysia v Indonesia - AFF Suzuki Cup


     
Indonesia tersingkir dari ajang Piala AFF Suzuki 2012 setelah kalah 2-0 dari Malaysia di stadion Nasional Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Sabtu (1/12) malam WIB.

Dengan kemenangan yang didapat Singapura atas Laos, Indonesia kalah dalam perolehan poin dan hanya bisa menempati posisi ketiga klasemen Grup B dengan empat angka.

Adapun di atas Indonesia bercokol Malaysia dan Singapura, yang sama-sama mengantungi enam poin dan berhak melenggang ke semi-final Piala AFF Suzuki 2012.

Babak I

Indonesia tampil menekan sejak awal. Sejumlah kesempatan pun sudah dimiliki pasukan Merah Putih, di antaranya lewat tendangan Syamsul Arif di menit empat. Namun arahnya masih kurang tepat sasaran.

Beberapa menit kemudian, giliran Fendry Mofu yang menguji peruntungan lewat tendangan kerasnya dari luar kotak penalti. Bola masih bisa diamankan kiper Farizal Marlias.

Di menit 16, Syamsul Arif mendapat kesempatan bagus membawa Indonesia unggul jika saja tendangan saltonya membuahkan hasil.

Lewat skema permainan yang bagus, Irfan Bachdim mendapat sodoran bola dari Mofu untuk kemudian melepas tendangan keras kaki kiri dari luar kotak penalti. Namun Farizal masih bisa memblok bola sepakannya.

Nopendi juga mencoba kualitas tendangan jarak jauhnya beberapa detik kemudian, tapi masih tipis melintas di atas gawang Malaysia.

Malaysia mendapat kesempatan pertama mereka di menit 22. Tendangan Wan Zack masih bisa diblok barisan belakang Indonesia.

Gawang Indonesia kecolongan di menit 27. Umpan silang Mahali Jazuli berhasil disambut lewat tendangan keras Azammuddin bin Mohd Akil.

Dua menit berselang, Jazuli sendiri yang mencetak gol. Bola sodoran Wan Zack berhasil dilesakkan bek sayap Malaysia itu lewat tendangan keras dari jarak dekat.

Di menit 34, Nil Maizar memutuskan untuk mengganti Elie Aiboy dengan Andik Vermansyah untuk menambah daya gedor lini depan Indonesia.

Masuknya Andik cukup mengubah permainan Indonesia, tapi tak sampai menjebol gawang Malaysia. Sementara tim tuan rumah terus berusaha mencetak gol ketiga mereka, namun tak membuahkan hasil. Hingga berakhirnya waktu normal, skor 2-0 untuk keunggulan Malaysia bertahan.

Babak II

Indonesia berusaha bermain lebih agresif, untuk mengimbangi permainan Malaysia. Alhasil, kedua tim menunjukkan permainan yang menarik.

Di menit 59, Fadhli Shas melepas tendangan keras dari jarak jauh, tapi hanya tipis menyamping dari gawang Wahyu Tri Nugroho.

Indonesia berusaha terus menekan, termasuk dengan keputusan Nil Maizar memasukkan Johnny Van Beukering. Namun hingga menit 75, belum ada kesempatan untuk memperkecil ketertinggalan.

Sementara Malaysia memainkan strategi serangan balik di 15 menit terakhir dengan menempatkan Safee Sali sendirian di lini depan.

Memasuki sepuluh menit terakhir laga, tekanan Indonesia semakin kencang. Andik juga terus dikawal dan dilanggar untuk meminimalkan pergerakan tim tuan rumah.

Di menit 85, Malaysia berkesempatan memperlebar keunggulan lewat tendangan bebas Safiq Rahim, namun bola kirimannya masih bisa dibendung Wahyu Tri.

Andik melepas tendangan keras dari luar kotak penalti di menit 89, namun masih tipis terbang di atas mistar gawang Malaysia.

Hingga peluit panjang ditiup wasit, Malaysia menang dengan skor 2-0. Malaysia memastikan langkahnya ke semi-final Piala AFF Suzuki 2012.

Susunan Pemain:
Malaysia: Farizal (GK), Mahalli, Zubir, Aidil, Safiq (C), Norshahrul, Safee, Azamuddin, Shakir Shaari, Wan Zack, Fadhli Shas

Indonesia: Wahyu Tri, Maitimo, Novan Setya, Nopendi, Fachruddin, Taufiq, Elie Aiboy, Vendry Mofu, Okto Maniani, Irfan Bachdim, Samsul Arif



Ikuti perkembangan terkini AFF Suzuki Cup 2012 di GOAL.com Indonesia. Dapatkansemua berita Piala AFF serta informasi terbaru timnas termasuk jadwal, hasil, dan klasemen, dan ikuti perkembangan timnas Indonesia secara LIVE.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar